Cara Instal VIM Editor Dan Menggunakan Nya Melalui Console Atau Putty

Cara Instal VIM Editor Dan Menggunakan Nya Melalui Console Atau Putty




Vim editor merupakan suatu tools yang terdapat pada linux os yang biasa di gunakan para pengguna VPS sesuai nama nya untuk melakukan editor, VIM Editor bisa di gunakan untuk apa saja ? Vim editor digunakan oleh banyk orang untuk mengedit  configurasi -configurasi seperiti Squid,Dropbear dan yang lain nya .

VIM EDITOR
VIM EDITOR



Untuk menggunakan Vim editor kita harus menginstal terlebih dahulu Putty melalui internet atau download langsung di web nya langsung www.putty.org sobat bisa download langsung secara gratis kemudian sobat install pada OS windows yang yang sobat pake untuk sytem operasi yang di pakai pada komputer sobat ,jika sobat sudah menginstal putty langsung buka saja dan login lah ke VPS sobat melalui cosole putty tersebut .

Apakah sudah selesai dengan melakukan login ke VPS kita suda bisa memakai VIM editor di dalam console putty ? jawaban nya adalah belum ,jika ingin memakai VIM editor sobat harus menginstal dahulu VIM editor dengan memasukan perintah sebagai berikut :

Script Dan Cara Instal VIM Editor


Pada directory root VPS sobat masukan perintah ini di bawah ini langsung block dan copy lalu paste di putty ,untuk melakukan paste pada putty tidak sama dengan perintah yang biasa kita gunakan pada windows ,sobat tinggal gunakan klik kanan setelah sobat mengcopy perintah instalasi VIM dan tekan klik kanan pada putty berikut perintah nya untuk OS Debian

apt-get install vim

Apabilah perintah tersebut tidak bisa di gunakan ,karena VPS sobat memakai OS Centos sobat bisa memakai perintah yang ini 
 
yum install vim
 
Apabila VPS sobat yang memakai sytem operasi centos tidak menerima perintah tadi 
masukan saja perintah berikut  

yum install vim-X11 vim-common vim-enhanced vim-minimal

Jika sobat sudah berhasil menginstal VIM editor bisa langsung menggunakan nya ,lalu bagai manakah cara menggunakan VIM editor dan perintah apakah yang harus di pakai pada VIM berikut adalah perintah yang bisa kita gunakan
 

Cara Menggunakan Vim Editor Dan Perintah Untuk Menggunakan VIM

  • vim nama-file adalah perintah yang di gunakan untuk membuat file baru atau mengedit file. Apabila nama file belum ada, maka dengan perintah tersebut akan membuat file baru, apabila nama file suadah ada, maka perintah vim nama-file berfungsi untuk mengedit.
  • i adalah command untuk mengedit file, cirinya akan muncul tulisan –INSERT– pada baris paling bawah. Artinya, Anda belum bisa mengedit file walaupun sudah mengetikan vim nama-file.
  • :w adalah command untuk save. Harap diperhatikan, setelah editing file apabila ingin menyimpan, keluar, (command-command di bawah ini) maka terlebih dahulu tekan Esc  pada keyboard.
  • :w nama-file-baru adalah command untuk menyimpan file dengan nama berbeda (Save As).
  • :wq berarti write and quite, artinya menyimpan file dan keluar dari vim editor
  • :q! adalah keluar tanpa menyimpan perubahan
 Demikian artikel pembuka blog Belajar Mengolah VPS semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua .
 



No comments

Silahkan berikan opini atas artikel saya jika ada saran silahkan sampaikan melalui komentar

Advertiser